Tuesday 7 July 2015

Kombinasi software untuk membuat game

Hy agan-agan sobat gudang ilmu, kali ini saya akan membahas tentang kombinasi software untuk membuat game. Memang, sekarang sudah banyak sekali software untuk membuat game, membuat object 3D, dan juga untuk yang lainnya. Software-software dibawah ada dua macam, yaitu software untuk game 2D dan software untuk game 3D. Inilah dia software-software untuk membuat game.

Kombinasi software untuk membuat game 3D
Yang pertama saya akan bahas adalah kombinasi untuk membuat game 3D. Memang sekarang sudah banyak software yang bisa membuat game 3D, seperti Cryengine, Frostbite, dan juga yang lainnya. Tetapi, kali ini saya tidak akan memakai software-software yang cukup rumit, saya hanya akan memakai software yang mudah terlebih dahulu. Inilah dia kombinasi software untuk membuat game 3D.

1. Unity



Yang pertama, dan sekaligus yang terpenting adalah software Unity. Software Unity adalah sebuah software game engine yang mampu membuat game 2D maupun 3D. Tetapi, Unity tidak pantas untuk dipakai membuat game 2D, karena masih ada software yang lebih bagus dibanding Unity untuk membuat game 2D. Meskipun Unity tidak sebaik Cryengine, Creation Engine, dan juga engine-engine yang lainnya, tetapi Unity sangatlah mudah untuk digunakan, dan cocok untuk dipakai dalam kombinasi ini.

Untuk mendownload Unity : klik disini

2. Adobe Photoshop (Bisa diganti dengan software edit foto lain)



Yang kedua adalah Adobe Photoshop, atau kalian bisa menggantinya dengan software edit foto yang lain. Adobe Photoshop adalah sebuah software untuk mengedit gambar, dan membuatnya lebih cantik. Nah, fungsi dari Adobe Photoshop atau software edit foto yang lain adalah untuk bisa membuat background untuk game. Background memang sangatlah penting bagi game, karena jika background terlihat menarik, maka orang-orang akan berfikir bahwa gamenya juga akan menarik. Selain untuk Background, Adobe Photoshop bisa digunakan untuk membuat main menu. Tetapi, jika kalian ingin membuat main menu, kalian harus membuat gambar satu per satu. Misalkan, di dalam menu kalian ada new game, load game, dan exit, kalian jangan satukan gambar itu. Kalian pisahkan saja gambarnya. Jadi, itulah dia fungsi dari Adobe Photoshop dan software edit foto.

Untuk mendownload Adobe Photoshop : klik disini

3. 3D Daz



Untuk Software yang ketiga ada sebuah software yang bernama 3D Daz. Software 3D Daz adalah sebuah software untuk membuat sebuah karakter dalam bentuk object atau obj, oleh karena itu kalian bisa mengimport object dari 3D Daz denga mudah. Cara penggunaan 3D Dazpun terbilang sangatlah mudah. Dalam tampilan awal, kalian sudah melihat ada object orang yang sudah dibuat. Kalian tinggal mendandaninya saja, seperti memberikannya rambut, wajah, baju, celana, sepatu, dan lain sebagainya.

Untuk mendownload 3D Daz : klik disini

4. 3DS Max (Atau software 3D lainnya)



Untuk software yang keempat, sekaligus, software yang terakhir yang kita butuhkan adalah software object 3D, seperti 3DS Max, Autodesk Maya, Blender, dan yang lainnya. Software yang satu ini sangat dibutuhkan, karena dengan software ini kita bisa membuat bangunan, gedung, dan yang lainnya dalam pembuatan game. Tetapi, kalian harus memiliki keahlian untuk menjadi artist 3D untuk bisa melakukan itu. Jika kalian tidak memiliki keahlian, maka kalian tidak bisa membuat apapun. Jika kalian tidak mempunyai keahlian kalian bisa mendownload objectnya, sekarang sudah banyak yang menyediakan object gratis.

Untuk mendownload 3DS Max : klik disini

Bagaimana tadi untuk kombinasi software membuat game 3D ? Ya, pasti sedikit rumit, tetapi tidak apa-apa lah, demi bisa membuat game, dan mendapatkan jutaan dolar hanya dalam hitungan hari. Nanti dulu, masih ada yang lainnya, yaitu kombinasi software untuk membuat game 2D.

Kombinasi software untuk membuat game 2D

Meskipun terdengar mudah, tetapi sebenarnya membuat game 2D itu sedikit susah. Itu dikarenakan kkalian harus bisa mengedit gambar, dan harus sedikit menguasai software edit foto. Tetapi, untuk kalian yang suka mengedit foto tidak perlu khawatir, karena pasti kalian bisa membuat game 2D dengan mudah (Kecuali membuat script berjalan). Inilah dia kombinasi software untuk membuat game 2D.

1. Game Maker


Software yang pertama adalah Game Maker. Game Maker adalah sebuah software untuk membuat game 2D. Tetapi, meskipun begitu, software Game Maker adalah software terbaik untuk membuat game 2D. Dengan Game Maker kalian hanya harus memasukan gambar, mengeditnya, dan membuatnya menjadi object, lalu gambar itu akan berada di dalam permainan. bagaimana, mudah kan ? Tetapi, untuk hasil yang lebih maksimal, kalian harus bisa menggunakan script dalam Game Maker. Tetapi, jika kalian tidak bisa juga tidak apa-apa.

Untuk mendownload Game Maker : klik disini

2. Sprite Maker



Dan yang kedua, sekaligus yang terakhir adalah Sprite Maker. Sprite Maker adalah sebuah software untuk membuat sprite atau gambar. Dengan Sprite Maker kalian bisa membuat karakter 2D untuk bisa digunakan di Game Maker. Cara menggunakannyapun mudah, kalian hanya mendandani gambar, seperti mengubah wajahnya, bajunya, dan yang lainnya.

Untuk mendownload Sprite Maker : klik disini

Nah, itulah tadi software-software kombinasi untuk membuat game. Gimana, apakah kalian menjadi tahu cara membuat game ? Mudah-mudahan, artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

1 comment:

  1. kak itu cuma softnya aja ya ?? , kalo ada situs cara membuat gamenya saya boleh minta kakak ?

    ReplyDelete