Sunday 6 December 2015

Bahan-bahan penting untuk membuat manga

Hey agan-agan subat gudang ilmu, akhirnya sekolah santai juga. Sekarang saya akan membahas tentang bahan-bahan penting untuk membuat manga. Apakah kalian ingin berniat menjadi mangaka? Pasti jika kalian ingin menjadi mangaka, kalian membutuhkan bahan-bahan yang penting ini. Ini dia bahan-bahan yang penting untuk membuat manga.

1. G-Pen


Apakah kalian tahu pulpen yang satu ini? Yap. Namanya adalah G-pen. Bahan ini sangatlah penting untuk sebuah manga, baik untuk membuat gambar maupun membuat latar belakang. Memang pulpen ini sangat susah dicari di Indonesia, tapi kalian bisa membelinya melalui online atau memesan di toko buku dekat kalian (Misalkan grand media atau yang lainnya). Bagi para mangaka profesional, G-pen dapat digunakan dengan mudah. Namun, untuk pemula kalian harus belajar dulu cara menggunakan G-pen, karena susah penggunaannya. Kalian harus memasukkan pen ini ke tinta hitam, dan kadang tinta hitamnya tumpah ke kertas. Tapi, kalian bisa menjadi lebih baik dengan G-pen.

2. Maru Pen


Maru pen tidak sama dengan G-pen, biasanya pulpen ini digunakan untuk membuat latar belakang. Sama halnya dengan G-pen, maru pen juga sangat langka di Indonesia dan juga lumayan mahal harganya. Pulpen ini juga sangat susah digunakan untuk pemula, jadi kalian harus lebih banyak belajar menggunakannya. Oh ya, jika kalian ingin mendapatkan maru pen, biasanya ada di toko buku lengkap, kalau tidak salah namanya itu Kinokuniya di Jakarta.

3. Drawing Pen


Kalau kalian tidak ingin ribet nyari G-pen sama Maru pen kemana-mana, kalian bisa memakai drawing pen sebagai gantinya. Drawing pen gampang dicari di toko-toko buku, bahkan di tukang fotocopy juga kadang ada. Kalau kalian ingin membuat manga, kalian harus menggunakan drawing pen dengan ukuran 0,1, tanya aja pasti ada. Terus, kualitasnya biasanya yang bagus itu waterproof.

4. Fude Pen


Fude Pen biasanya digunakan untuk menggambar seorang karakter yang berwarna rambut hitam. Mana mungkin kan kalian menggunakan G-pen atau drawing pen untuk mewarnai rambut berwarna hitam. Selain itu, Fude Pen juga biasa dipakai untuk mewarnai latar belakang yang berwarna hitam, seperti baju atau sejenisnya.

5. Mckee Pen


Biasanya, di manga ada beberapa halaman khusus seperti pengenalan karakter dan lain sebagainya itu memakai warna. Mckee Pen biasa digunakan untuk membuat warna latar belakang untuk manga. Memang lumayan langka di Indonesia, tapi berusahalah buat mendapatkan pen ini. Oh ya, kalian bisa menggunakan pensil warna sebagai gantinya, tapi itu hasilnya akan menjadi lebih jelek atau jauh lebih jelek.

6. Pensil Mekanik


Pensil mekanik ini biasanya digunakan untuk membuat sketsa, seperti name. Apakah kalian pernah melihat anime Bakuman? Disana jika kalian ingin mempublikasikan sebuah manga, kalian harus mendiskusikan dulu kepada editor apakah cerita untuk bab selanjutnya akan bagus atau tidak. Kalian buatlah name disana. Name itu seperti gambaran manga, tapi tidak terlalu jelas, seperti orangnya stik sama gedung-gedungnya kotak-kotak. Selain menggunakan pensil mekanik kalian juga bisa menggunakan pensil biasa. Oh ya, selain untuk membuat sketsa kasar, biasanya pensil mekanik juga digunakan untuk sketsa halus, seperti kalian menggambar dulu gambarnya sebelum kalian menebalinya.

Untuk alat tulis mungkin hanya segitu saja, sekarang kita akan langsung ke bahan intinya.

1. Kertas HVS A4 atau kertas naskah


Kertas naskah biasanya digunakan untuk membuat sebuah manga, tapi jika kalian tidak bisa menemukan kertas naskah karena langka di Indonesia, kalian bisa menggantinya dengan kertas HVS A4. Kalian buat garis seperti kertas naskah, persis seperti gambar yang diatas.

2. Tinta hitam


Bahan yang kedua yaitu adalah tinta hitam. Jika kalian menggunakan G-pen, pasti kalian membutuhkan bahan yang satu ini. Tinta hitam berfungsi untuk membuat G-pen bisa digunakan, karena G-pen tidak menggunakan tinta. Kalau kalian ingin tinta yang bagus, gunakan tinta Cina atau tinta India.

3. Tinta Putih


Kalau kalian salah gambar, jangan khawatir. Tinta putih bertugas untuk memperbaiki gambar yang salah. Ini sejenis type-X.

Sepertinya, hanya segitu saja bahan-bahan penting untuk membuat komik. Semoga kalian mendapatkan wawasan lebih karena telah mengunjungi blog saya ini.

1 comment: