Tuesday 14 July 2015

Unreal engine 4 vs Cryengine 3 : Mana yang akan menang

Hy agan-agan sobat gudang ilmu, kali ini saya akan membahas tentang perbandingan diantara unreal engine 4 melawan cryengine 3. Kedua software itu adalah untuk membuat game, atau sering disebut game engine. Kalian bisa membuat game yang sangat luar biasa dengan kedua software tersebut. Tetapi, pasti diantara kedua software tersebut, salah satunya akan menjadi pemenangnya. Memang, bagus mana sih unreal engine 4 dan juga cryengine 3 ? Berikut penjelasannya.


Seperti yang kalian tahu, software unreal engine dan juga cryengine adalah sebuah software yang memiliki grafik yang sangat luar biasa. Bahkan, ada sebuah game yang dibuat oleh kedua software tersebut yang menggunakan directx 11 secara full. Tetapi, kebanyakan di Indonesia ini kebanyakan memakai software unreal engine 4. Ada salah satu game Indonesia yang dibuat oleh software unreal engine 4, yaitu gaib game.

Sedangkan untuk cryengine sendiri Indonesia masih sedikit yang mengetahui software yang satu ini. Meskipun begitu, cryengine telah membuat gempar dunia dengan kedatangannya. Salah satu game andalan dari cryengine adalah Crysis 3, dan juga Far cry 4. Itu adalah kedua game yang memiliki grafik yang sangat luar biasa dan menggunakan directx 11 secara full. Tetapi, meskipun begitu unreal engine juga tidak mau kalah. Ada sebuah game yang sangat terkenal yang dibuat oleh software unrela engine, yaitu Elemental Demo.

Cryengine dibuat oleh Jerman pada tahun 2004, dan pada saat itu Jerman telah membuat gempar dunia. Cryengine pada saat itu menjadi game engine terbaik di dunia, tetapi cryengine bisa kalah karena kedatangan software yang bernama RAGE dan juga frostbite. Tetapi, cryengine menciptakan versi terbarunya, yaitu cryengine 2 dan juga cryengine 3. Kedua software tersebut bisa disebut sangat luar biasa sekali. Karena, dengan kedua software tersebut game crysispun muncul.

Untuk game engine unreal engine, unreal engine dibuat oleh Unreal Teknologi. Dulunya unreal engine adalah sebuah game engine yang bisa disebut biasa saja. Tetapi, saat Unreal Teknologi membuat versi dari unreal engine 3, game engine ini telah memiliki kemajuan yang sangat drastis. Dengan grafik yang sangat baik, dan juga dahsyat. Bahkan, meskipun begitu Unreal Teknologi menerbitkan lagi versi terbaru dari unreal engine, yaitu unreal engine 4. Di software unreal engine 4 grafiknya sangatlah bagus, lebih baik jika dibandingkan dengan unreal engine 3.

Kita bisa melihat kedua game engine tersebut memiliki grafik yang sangat baik, untuk cryengine maupun untuk unreal engine. Tetapi, kedua software tersebut memiliki keahlian masing-masing. Cryengine sangatlah pintar dalam AI. Kita bisa melihatnya dari game Far cry 4, para binatangnya sangatlah pintar, para musuh bisa bergerak bebas kemanapun, dan juga kapanpun. Sedangkan untuk unreal engine adalah keahlian shadows. Kebanyakan game yang dibuat oleh unreal engine 4 ini memiliki cuaca yang gelap. Itu karena unreal engine 4 ini sangat fokus terhadap shadows.

Untuk melihat grafik dari cryengine, kalian bisa melihat trailer dari game yang mungkin tidak asing lagi, Crysis 3.


Kita bisa melihat katak yang meloncat di video tersebut. Itu artinya cryengine ini memang benar-benar sangat baik dalam keahlian AI.

Selain untuk cryengine, kita juga bisa melihat keahlian dari unreal engine 4. Kita bisa melihatnya dari trailer video game yang bernama Elemental Demo


Nah, itulah yang bisa saya sampaikan, jadi menurut kalian bagus yang mana, unreal engine 4 atau cryengine 3. Kalian bisa memilihnya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

1 comment: