Thursday 24 September 2015

Cara menjadi komikus atau mangaka yang baik


Hey agan-agan sobat gudang ilmu, maaf nih udah lama nggak nge-posting. Mungkin, udah beberapa bulan saya nggak nge-posting. Sekarang, saya akan membahas tentang cara menjadi komikus atau mangaka yang baik. Apakah kalian tahu tentang komikus atau mangaka ? Pasti tahu, memang siapa yang tidak tahu tentang mangaka atau komikus ? Sekarang, saya akan memberitahu kalian caranya.

Jika kalian ingin membuat komik, kalian harus mempersiapkan bahan-bahan berikut:

  • Pensil
  • Pulpen
  • Kertas HVS ukuran A4
  • Pensil warna
  • G-pen
  • Maru pen/Rotring pen-Drawing pen
  • Fude pen dan Mckee pen
  • Tinta putih
  • Tinta pen
  • Kuas
  • Penggaris
  • Screentone tempel/Screentone burnisher
  • Penghapus, Serutan, dan yang lainnya yang kalian butuhkan
Kalian bisa membeli bahan-bahan berikut di Grandmedia atau mungkin di Kinokuniya. Kalian bisa tanya disana bahan-bahan untuk membuat manga.

Terus, kalau ceritanya ? Kita lihat, ini dia cara membuat cerita yang baik dan juga cara menggambar manga yang baik.


Seorang komikus terkenal seperti Masashi Kishimoto, Ichiro Oda, dan juga Sorachi Hideaki adalah seorang komikus yang terinspirasi dari komik-komik seperti DragonBall dan juga yang lainnya. Jadi, intinya jika kalian ingin membuat cerita yang baik sekali, maka kenapa kalian tidak melihat-lihat dulu komik dan membacanya atau melihat film anime.

Meskipun begitu, kalian tidak boleh menggunakan genre parody seperti Gintama, kecuali kalian telah mendapatkan ijin dari pembuatnya. Sorachi Hideaki tidak sembarangan membuat cerita parody sembarangan, dia memiliki ijin untuk menggunakan parody itu (Seperti anime-anime DragonBall, Naruto, dan juga anime lain yang dijadikan parody di dalam anime tersebut).

Jika kalian mempunyai cerita yang cukup menarik, masalahnya adalah gambaran. Apakah kalian teknik arsir. Kebanyakan para komikus (Atau bahkan semuanya) menggunakan teknik arsir untuk menggambar karyanya. Selain itu juga saya sarankan untuk kalian yang tidak bisa menggambar, berlatihlah untuk menggambar sebuah contoh gambaran anime dari film atau dari komik. Kalian bisa menirunya, lalu kalian bisa terbiasa untuk membuat karakter sendiri.
semua bisa menggambar ? Kalau misalkan kalian bisa, itu tidak masalah, tetapi untuk yang tidak tahu cara untuk menggambar sebuah anime, kalian harus membiasakan menggambar dalam

Selain itu juga biasakan membuat karakter utama kalian terlihat tampan. Para penonton biasanya suka dengan karakter yang tampan, atau jika karakter utamanya adalah perempuan kalian harus membuatnya se kawai (Imut) mungkin. Atau kalian bisa menirukan anime Ore Monogatari, meskipun seorang Takeo (Tokoh utama dalam anime) tersebut tidak tampan, tetapi ada teman disampingnya yang bernama Suna yang sangat tampan. Atau biasanya di dalam anime Naruto, seorang tokoh Sasuke banyak disukai oleh para penonton, maupun itu perempuan ataupun laki-laki. Pokoknya, itulah saran dari saya.

Biasanya, para penonton suka komik yang bergenre Action, Adventure, Komedy, atau kalau tidak Game. Tetapi, kalian bisa membuat genre apa saja, bebas, cuman saran saya adalah genre-genre yang saya sebutkan tadi (Cuman membuat komik laku saja). Tetapi, yang terpenting adalah alur ceritanya, bukan genrenya. Meskipun itu mau Fantasy, Horror, bahkan Parody itu tidak masalah.

Oh ya, biar kalian bisa menyalurkan manga buatan kalian, kalian gambarlah di kertas HVS A4 (Seperti yang sudah disebutkan di atas), lalu kalian kirim manga kalian kirim ke penerbit (Saya kurang tahu dimana tempat buat penerbit komik), dan jika alur ceritanya bagus, dan juga menggunakan bahasa yang sopan maka manga kalian telah diterbitkan dan sudah mulai dijual. Biasanya penerbit meminta keuntungan dari penjualan manga kalian sekitar 20-50 persen. Oh, satu lagi. Penerbit tidak akan menerima komik yang meniru cerita komik yang lain, meskipun tokohnya berbeda, tetapi jika ceritanya plagiat (Misalkan menceritakan bajak laut yang ingin mendapatkan harta karun One Piece) maka itu akan ditolak.

Jadi, apakah kalian ingin menjadi mangaka ? Memang lumayan sulit, tetapi manga biasanya berharga 20 ribu rupiah, dan jika ada 1000 orang yang beli, maka 20X1000 hasil yang kalian dapatkan dari menjual manga adalah 20 juta rupiah per satu komik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

21 comments:

  1. Ini bermanfaat bgt buat aku,walaupun aku masih pemula and belum pernah bikin komik...

    ReplyDelete
  2. BERMANFAAT BANGET, MAKASIH

    ReplyDelete
  3. Thnks udah bagi2 ilmunya gan! gomawo, arigatou, xiexie!

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Luar biasa...Tapi
    kenapa kok cuma 20 ribu
    ano-1 gambaran itu di hargai berapa min
    Dan kalo pakai Buku gambar A3 gmana min

    ReplyDelete
  6. hy teman teman . saya baru mulai belajar nih semua tentang anime dan di sini saya menemukan semuanya ayo kunjungi

    http://aphelionnstudio.blogspot.co.id/2016/04/belajar-menjadi-komikus.html

    ReplyDelete
  7. bermanfaat banget gan ... ane sdang berencana bikin komik gan ama temen ane ... insya allah jadi !!

    ReplyDelete
  8. bermanfaat banget gan ... ane sdang berencana bikin komik gan ama temen ane ... insya allah jadi !!

    ReplyDelete
  9. aku juga pengen jadi mangaka

    ReplyDelete
  10. haii..sya jga kpengen jdi kumikus.baru pemula jga sih..
    makasih artikelnya min..sangat bermanfaat buat sya.

    ReplyDelete
  11. Saya rio dari pekanbaru all.. Kpengen jadi komikus, dan kalo bisa bekerja sama mungkin lebih menyenangkan kali ya buat para'' pemula hehehe hidup komikus indonesia..

    ReplyDelete
  12. pengen jadi mangaka, tapi ane gapinter gambar :'D

    ReplyDelete
  13. Ada yg ingin bekerja sama denganku buat bikin komik.??

    ReplyDelete
  14. Aku udah buat judul dan bagaimana awal cerita serta karakter karakternya genre fantasy tapi saya tidak bisa menggambar

    ReplyDelete
  15. Yang mau buat komik saya ikut

    ReplyDelete
  16. Saya cma kesulitan dalam menentukan alur cerita

    ReplyDelete