Thursday 24 September 2015

Kuntungan dan juga kerugian jika menjadi otaku anime


Hey agan-agan sobat gudang ilmu, kali ini saya akan membahas tentang keuntungan dan juga kerugian jika menjadi otaku anime. Apakah kalian berniat menjadi otaku, atau kalian memang sudah menjadi otaku ? Apakah kalian tahu kalau kalian menjadi otaku itu ada sebuah keuntungan dan juga sebuah kerugian ? Jika kalian telah menjadi otaku, kalian tidak akan bisa kembali lagi (Bisa sih, cuman susah sekali karena sudah terbiasa) menjadi seseorang yang biasa. Baiklah, daripada banyak basa-basi lebih baik kita lihat keuntungan dan juga kerugian yang akan dialami jika kalian menjadi otaku.

Kelebihan Menjadi Otaku
Ada beberapa hal yang bisa menjadi kelebihan menjadi otaku.


1. Bisa bersenang-senang sendiri tanpa bosan dan juga kesepian
Seperti halnya kalian bermain game, menjadi otaku juga kalian bisa bersenang-senang sendirian di rumah kalian bersama pacar kalian yang bernama Komputer atau Laptop. Seperti halnya saya jarang sekali bermain keluar, saya menghabiskan waktu saya untuk melihat banyak sekali anime-anime, seperti anime favorit saya Gintama. Jika kalian menjadi otaku, kalian tidak akan kesepian lagi, bahkan kalian bisa saja hanya ingin melihat anime, dan tidak ingin bermain. Mungkin itu agak kelebihan, tetapi itu sudah wajar bagi para otaku-otaku.

2. Kalian menjadi lebih baik dalam hal menggambar
Hal yang kedua yang menjadi kelebihan seorang otaku adalah kalian menjadi lebih baik dalam hal menggambar. Apakah kalian tahu seorang yang bernama Masashi Kishimoto ? Memang, siapa yang tidak tahu orang yang satu ini. Dia adalah seorang yang membuat sebuah komik yang berjudul Naruto dan juga Naruto Shippuden. Seorang komikus terkenal ini sudah mendunia sekali, bahkan seorang NEWBIE juga bisa tahu siapa dia (Kecuali kalau benar-benar newbie). Sebenarnya, dia adalah seorang otaku yang menggemari sebuah anime yang bernama DragonBall, bahkan dia membuat anime Naruto katanya dia terinspirasi dalam anime yang satu itu. Nah, mungkin kalau kalian menjadi otaku hal ini memang kemungkinan terjadi, meskipun kalian tidak ahli dalam menggambar. Kalian bisa meniru gambar-gambar yang berada di komik ataupun di video, dan lama-kelamaan kalian akan sudah terbiasa dalam hal itu. Meskipun kalian tidak bercita-cita menjadi mangaka, mungkin yah... Membantu nilai menggambar kalian saja.

3. Mempunyai banyak inspirasi
Yang ketiga adalah mempunyai banyak inspirasi. Kalian tahu kalau setiap anime-anime meskipun sama dari komik ataupun novel, tetapi mempunyai cerita yang berbeda 'kan ? Jika kalian mempunyai banyak inspirasi, kalian pasti bisa menjadi pembuat cerita yang sangat baik. Mau kalian menjadi komikus, Novelis, atau pembuat cerita-cerita lainnya pasti cerita kalian akan sangat bagus sekali jika kalian sangat menyukai anime. Jarang sekali anime yang mempunyai rating yang sangat rendah, kalau bisa dibilang sih, menurut saya anime adalah film yang terbaik dibandingkan dengan film-film yang saya tonton (Tetapi, bukan berarti saya membenci film yang lainnya). Kalian tahu 'kan apa lagi yang bisa kalian lakukan dengan banyak inspirasi ? Selain membuat cerita, mungkin bisa menghibur diri kalian. Saat kalian tidur, kalian bisa memikirkan kalau kalian berada di dunia anime, misalkan di dalam game seperti Sword Art Online, atau menjadi ninja terbaik dan mengalahkan Naruto (Haduh, terlalu banyak ngehayal). Yah, buat ngehibur diri saja, daripada bosan 'kan ?

4. Masa depan cerah
Saya tidak menjamin yang satu ini. Tetapi, menurut saya banyak sekali seorang otaku yang menjadi sukses karena menjadi komikus atau novelis yang baik. Kalian tahu 'kan kalau pembuat komik itu kebanyakan adalah seorang otaku ? Nah, sekarang kalian harus membuktikan kalau masa depan kalian akan cerah hanya dengan menonton anime saja, mudah-mudah seperti itu. Tetapi, saya tidak menjamin. Apakah kalian bisa menggambar ? Sebanyak apapun anime yang kalian tahu, kalau kalian tidak bisa menggambar maka kalian tidak akan bisa menjadi mangaka (Kecuali kalau novelis).

Nah, itulah dia keuntungan dari seorang otaku anime. Sekarang, apa kerugiannya ?

Kerugian Seorang Otaku
Sekarang, ada sebuah kerugian dari seorang otaku.

1. Kurang bersosialisasi
Kebanyakan seorang otaku hanya menghabiskan waktunya untuk menonton anime, tetapi sedikit sekali teman yang dimiliki otaku (Itu juga terkadang). Tetapi, jika kalian mempunyai teman sesama otaku, kalian maka akan sangat dekat sekali. Masalahnya, apakah ada teman kalian yang mau menjadi otaku ? Di Indonesia otaku sangat jarang sekali, bahkan mungkin hanya sekitar ratusan ribu orang saja. Itulah kenapa kalian akan menjadi orang yang kurang bersosialisasi.

2. Bersikap keanak-anakan
Kebanyakan para otaku akan menirukan sifat dari karakter yang dia sukai, meskipun dia sudah remaja berumur 13-17 tahun. Memang, seperti apa sikap keanak-anakan seorang otaku ? Dia akan menirukan gaya tokoh yang dia sukai, seperti bersikap dingin dan juga pendiam. Lalu, jika dia adalah seorang penggemar anime Naruto atau DragonBall, maka secara tidak sadar mereka akan menirukan jurusnya atau gaya dari salah satu tokoh tersebut (Seperti menyimpan tangan di dalam saku (Sasuke) atau mengatakan hal yang sama seperti Naruto (Tebayo)).

3. Pemalas
Hal yang ketiga ini mencerminkan sifat dari seorang penulis blog ini (Saya -_-). Kebanyakan otaku akan bersifat pemalas karena terlalu sibuk untuk membaca komik atau menonton film anime. Seorang otaku juga suka tidak peduli dengan apapun yang berada di sekitarnya, misalnya saat waktu istirahat di sekolah maka dia akan menonton anime di handphonenya (Kalau bawa). Meskipun ada orang yang mengajaknya, pasti dia menolaknya kecuali kalau sudah bosan. Itu adalah kemalasan otaku yang pertama. Lalu, otaku membela- bela dirinya akan pergi ke warnet untuk mendownload video anime, tetapi untuk membuat tugas dan print akan malas. Itu adalah kemalasan otaku yang kedua. Dan masih banyak lagi hal-hal kemalasan seorang otaku.

Itulah dia keuntungan dan juga kerugian jika menjadi otaku anime. Terima kasih telah melihat blog yang satu ini, meskipun kalian membacanya ataupun tidak. Mohon maaf atas kesalahannya. Oh ya, satu lagi. Saya beritahu kalian jangan terpengaruh dengan kekurangan seorang otaku, memang itu akan terjadi kalau kalian menjadi otaku, tetapi seorang otaku juga mempunyai kelebihannya masing-masing untuk hiburan dan juga untuk urusan pekerjaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

2 comments: