Wednesday 14 October 2015

Cara membuat novel yang baik dan juga benar


Hey agan-agan, haduh. Sudah lama gak ngeposting, males sih, gak punya ide untuk ngeposting apapun. Sekarang, saya ada sebuah ide untuk memposting tentang cara membuat novel yang baik dan juga benar. Jika kalian ingin menjadi novelis, tentu saja hal ini sangat dibutuhkan sekali. Ini dia cara membuat novel yang baik dan juga benar.

Hal yang pertama pastinya kalian bisa menulis novel di buku ataupun mengetiknya di komputer ataupun laptop. Kalian harus bisa membuat covernya terlebih dahulu. Hal yang membuat orang menarik untuk membaca novel adalah cover, jadi kalian jangan lupa membuat cover yang sebaik-baiknya.

Selain cover, kalian juga harus membuat novel yang memiliki halaman yang cukup panjang. Misalkan 200 halaman, atau mungkin 500 halaman. Biasanya novel itu kurang lebih segitu. Oh ya, tetapi ini sih, kurang penting, ceritanya terserah kalian saja.

Hal yang penting lainnya yaitu kalian membuat pendahuluan, tentang author, dan juga daftar isi. Saya kurang mengerti daftar isi di novel, karena selalu berbeda-beda. Saya pernah mencoba membuat novel (Itu alasan saya jarang memposting blog), dan novel itu terdiri dari beberapa chapter. Setiap chapter saya buat setidaknya lebih dari sepuluh halaman. Jadi, saya mempunyai banyak ide untuk membuat novel jika dibagi dengan chapter (Yang pasti setiap chapter dalam satu novel, mungkin sampai 20 chapter, tidak terasa novel kita (Maksud saya itu "Saya") Sudah 200 halaman).

Nah, untuk ceritanya, kalian harus membuat cerita yang menarik. Untuk pertamanya,,, mungkin seperti biasa "Pada suatu hari" atau "Pada zaman dahulu", atau yang lainnya. Selain itu, cerita di halaman pertama ini sangat penting sekali, karena ini akan mempengaruhi jalannya cerita novel. Misalkan, kalian membuat cerita "Pada suatu hari, ada sebuah anak yang berusia 15 tahun, namanya ******. Dia anak yang pemalas, tidak suka belajar, dan juga hanya mementingkan dirinya. Tetapi, dia pintar, dan bla-bla-bla dan ******".

Pastikan kalian membuat paragraf dalam novel. Kalian tinggal mengklik "tab" untuk kalian yang membuat novel di komputer maupun laptop. Untuk kalian yang membuat novel yang ditulis, saya tidak tahu apa yang harus kalian lakukan, mungkin kalian hanya tinggal membuat paragraf, PARAGRAF, INGAT!!!

Untuk setiap paragraf baru, kalian harus membuat kata-kata yang sangat menarik. Misalkan, "Sialan kau nenek tua" gumam **** atau yang lainnya. Oh ya, saya lupa. Sebenarnya, pengalaman saya membuat novel di komputer itu sudah lama sekali, saya sudah mengetik sampai 100 halaman. Tetapi, ada kata-kata yang salah, yang harus membuat saya mengulangi novel lagi, yaitu "Lalu, **** berkata "blablabla"". Harusnya, saya membuat perkataannya dulu, lalu mengetikkan gumam siapalah, nama dalam novel itu.

Pikirkan genrenya setelah itu, misalkan genre aksi, komedi, romantis, harem, ecchi, atau yang lainnya. Banyak sekali genre yang bisa kalian pakai.

Meskipun novel kalian tentang percintaan, drama, atau yang lainnya, pembacapun ingin sesuatu yang menghibur juga. Jangan terlalu serius kepada genre kalian, lihatlah misalkan film Naruto. Naruto memiliki genre aksi, tetapi tidak lupa ada komedi-komedi begitu, meskipun tidak ada di genre. Atau, anime yang sangat sedih sekali yang bernama Clannad After Story, meskipun anime itu bisa membuat saya terharu (Tapi tidak menangis sih) tetapi ada sebuah komedi-komedi disana, seperti seorang karakter yang lucu bernama Sunohara.

Oh ya, untuk lebih lanjut, kalian bisa membeli salah satu novel, lalu lihatlah novel yang sebenarnya. Itulah saran dari saya jika kalian masih tidak mengerti saran saya di blog ini.

Selamat membuat novelnya yah. Jika kalian sudah selesai, beritahu saya, mungkin saya tidak ingin membacanya (Lalu, buat apa memberitahu?).

0 komentar:

Post a Comment