Friday 5 February 2016

Cara membuat main menu dengan game maker


Hey agan-agan sobat gudang ilmu, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat main menu dengan game maker. Game maker adalah sebuah software pembuat game 2D untuk kalian para pemula, tapi meskipun begitu kalian juga harus banyak belajar tentang software ini, terutama untuk membuat main menu. Inilah dia cara membuat main menu dengan game maker.

1. Buka game maker kalian, lalu buatlah sprite baru.


Cara yang pertama adalah kalian membuat sprite baru dengan nama new game. Hanya tinggal mengklik kanan sprite, lalu klik new sprite, kalian sudah berada disana. Setelah itu, kalian buka edit sprite.

2. Membuat sprite new game.


Cara yang kedua adalah membuat sprite new game kalian sendiri. Caranya hanya dengan mengklik icon yang mirip seperti kertas yang terlipat itu, lalu kalian atur berapa tinggi dan besarnya. Untuk membuat spritenya, kalian bisa memakai kotak dan menambahkan tulisan new game, atau mau langsung, atau kalian mau load gambar sendiri di komputer kalian.

3. Membuat Sprite Load game dan juga Exit seperti yang kalian lakukan pada sprite new game.


Buatlah sprite untuk load game dan juga exit, untuk game kalian. Kalian tinggal melakukan hal yang seperti kalian lakukan pada sprite new game saja. Hal ini akan membuat game kalian menjadi menarik, karena tanpa load game dan juga exit sebuah game akan serasa kurang, apalagi tidak bisa melanjutkan gamenya.

4. Membuat duplicate gambar dengan warna yang berbeda.



Cara yang keempat kalian bisa membuat duplicate sprite yang tadi dengan warna yang berbeda. Hal ini bisa membuat game kalian lebih menarik, karena saya berencana untuk membuat sprite bisa berubah warna ketika kita mendekati petunjuk mousenya dan kembali ke warna semula ketika mousenya kembali juga.
Caranya hanyalah klik kanan pada sprite new game, load game, dan juga exit, klik edit sprite, klik image (Ada di icon atas setelah kaliak mengklik edit sprite), lalu klik invert. Maksud dari invert ini adalah untuk membuat gambar yang kalian gunakan menjadi berlawanan, seperti misalkan hitam menjadi putih, ataupun sebaliknya. Atau, kalian juga bisa membuat gambar sendiri disana, ataupun membuat sprite baru dengan nama yang sama tetapi dengan gambar yang berbeda (Seperti game PES 2015).

5. Membuat object untuk new game


Cara yang kelima adalah membuat sebuah object. Meskipun kalian telah membuat sprite, kalian tidak bisa memasukkan sprite itu ke game jika tidak dimasukkan ke object terlebih dahulu. Cara menambah object sangat mudah, yaitu dengan cara klik kanan object, create object, lalu dibawah name, ada sprite, kalian pilih sprite yang akan kalian gunakan, seperti new game.

Untuk new game, kalian tambahkan event dengan cara klik add event-create. Lalu, untuk membuat tombol new game itu bisa berguna, klik add event-mouse-left pressed lalu kalian pergi ke main1 (Berada di ujung sebelah kanan obejct, lalu tambahkan go to next room (Yang ada di room, yang petunjuknya menuju ke depan).




6. Tambahkan fitur change sprite.



Cara menambah fitur change sprite cukup mudah, kalian hanya tinggal mengklik add event (Di object yang tadi, bukan yang baru)-klik mouse-klik mouse enter-klik main1 (Di ujung sebelah kanan)-klik change sprite, yang ada gambar pacman di yang paling kiri-klik icon yang berwarna biru-klik new game duplicate-klik ok.

Nah, kalian sekarang sudah membuat gambar itu bisa menjadi berubah jika kalian mendekati mouse kalian ke sprite itu. Tapi, untuk membuat sprite itu kembali, kalian hanya tinggal melakukan yang tadi, tapi kalian harus mengklik add event-klik mouse-klik mouse leave, dan lakukan hal yang seperti di atas, hanya ubah saja spritenya menjadi new game lagi (Bukan duplicate new game).

7. Menambahkan object untuk load.


Cara menambahkan object untuk load hampir sama dengan cara menambahkan object untuk neew game, tapi hanya saja ada beberapa yang berbeda.

Hal yang berbeda itu yaitu ketika kalian mengklik add event-klik mouse-klik left pressed, kalian jangan menambahkan go to next room, tapi kalian tambahkan load game, dengan cara klik main2, lalu tambahkan load (Ada di sebelah game, yang memiliki gambar seperti file).

Tapi, untuk cara menambahkan fitur change sprite, itu sama saja seperti cara yang di atas, dan ketika kalian menambahkan object exit juga kalian gunakan hal yang sama. Oh iya, setiap object kalian harus menambahkan create object, dengan cara add event-klik create.

8. Menambahkan object untuk Exit.
Sama saja seperti hal yang kalian lakukan diatas. Bedanya, ketika kalian menambahkan event mouse. Kaliak klik add event-klik mouse-klik left pressed, kalian tambahkan fitur exit, yaitu dengan cara klik main2, lalu klik exit (Berada di sekitaran game).


9. Tambahkan room.

Untuk sebuah game pasti memiliki room. Apakah kalian tahu apa yang dimaksud room? Room adalah sebuah halaman pada game, seperti new game dan juga saat kalian bermain itu berbeda, itu adalah yang dimaksud room. Untuk menambah room, kalian klik kanan room, lalu klik create room. Disana kalian bisa menambahkan object yang telah kalian buat, kalian letakkan saja object yang kalian buat. Setelah itu, kalian bisa menambahkan background, kalian bisa membuatnya sendiri di background.

10. Cobalah game kalian.


Cara untuk mencoba game kalian hanyalah tinggal menekan F5, lalu game kalian akan segera dimulai. Kalian coba dulu apakah ada kesalahan dalam game kalian, tapi jika kalian melakukan cara yang dari atas tadi dengan benar, maka tidak akan ada kesalahan dalam game kalian.

Itulah cara membuat main menu dengan game maker. Jika artikel ini kurang jelas, maafkan saya yah.

4 comments:

  1. www.MantapQQ.com

    BOSAN...KALAH TERUSSSS!!!
    AYO MENANG BERSAMA WWW.MANTAPQQ.COM
    kini telah hadir GAMES BANDAR POKER.
    lbh seru dan mudah menangnya bos.
    Dengan bonus yg semakin banyak loh boss^^
    * Bonus Rolinggan 0.3%
    * Bonus Referal 15%
    Semua Hanya Bisa di Dapatkan di MantapQQ.com bos ku..
    minimal depo&wd hanya 20 ribu saja bossku^^
    Fasilitas Mewah :
    - Cs yang siap Membantu 24 Jam
    - Refferal Terbesar 15%
    - Bonus Rollingan Terbesar
    - Depo/WD Tanpa Batas
    Contact :
    www.MantapQQ.com
    - FB : mantapqq
    - Yahoo : Mantap.qq@yahoo.com
    - WeChat : mantapqq
    - BBM : 2AE0D276
    - live chat 24 jam

    WWW.MantapQQ.COM

    ReplyDelete
  2. Ini game maker versi berapa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi berapapun juga bisa gan ngelakuin ini

      Delete